7 Manfaat Sholat Tahajud

7 Manfaat Sholat Tahajud,  Bisa Menentramkan Hati hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh Merdeka.com -  Shalat tahajud adalah iba...

7 Manfaat Sholat Tahajud, 
Bisa Menentramkan Hati hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Merdeka.com - Shalat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Secara definisi dalam Islam, shalat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur.
Shalat tahajud bisa dikerjakan dalam kurun waktu setelah ba'da shalat isya hingga menjelang subuh. Akan tetapi, dianjurkan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud yaitu sepertiga malam.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, "Shalat terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam." Banyak keistimewaan yang didapat setiap muslim apabila mau mengamalkan shalat tahajud.
Lantas apa saja manfaatnya? Simak 7 manfaat shalat tahajud yang harus Anda ketahui.

Mengangkat Derajat
Setiap muslim yang mengamalkan shalat tahajud, maka drajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

Menentramkan Hati dan Pikiran
Bagi Anda yang sering mengalami gelisah serta pikiran tidak tenang, sebaiknya melaksanakan shalat tahajud. Pasalnya melakukan shalat tahajud di waktu sepertiga malam dapat menentramkan hati dan pikiran.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits, "Apabila ia terbangun dan menyebut nama Allah, terurailah satu simpul. Lalu apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Kemudian apabila ia shalat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia di pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya." (HR. Muttafaqun'alaih).

Doa Akan Dikabulkan Allah SWT
Melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.

Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

Menjaga Kesehatan Rohani
Melaksanakan shalat tahajud yang dilakukan secara istiqamah juga dapat menjaga kesehatan rohani. Sehingga hal ini dapat menghindarkan Anda dari gangguan mental.

Allah SWT telah berfirman, "Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kara yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al- Furqan:63-64).

Jembatan Masuk Surga
Shalat malam merupakan sebaik-baiknya shalat fardu. Sehingga shalat tahajud diyakini setiap muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, "Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engaku akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

Menjaga Kesehatan Pernapasan
Shalat tahajud juga memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani, salah satunya dapat mencegah infeksi pernapasan. Shalat tahajud bisa menjadi terapi untuk setiap muslim yang memiliki masalah dengan pernapasan. Selain itu, shalat tahajud juga efektif untuk menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat shalat tahajud lainnya ialah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Seseorang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, maka dapat dengan mudah terserang penyakit.
Sebaliknya, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit.
[jen]

Diambil dari Merdeka.com

COMMENTS

Name

Adi Sasono,5,Adiabel,24,Adiabel Corporation,3,Adinandra - Amara,22,Adinandra and Friend,17,Adinandra Birthdays,5,Administrasi,4,AHU,1,Amara,1,Amara Birthday,6,Amara n Friends,14,Artikel,6,Berita,17,Borgtocht,4,Budaya,1,BumDes,1,Bunda - Amara,18,Bunda Birthdays,4,Business,7,Cerita,42,Cessie,1,Diary,238,Family,33,Fiducia,6,Finance,2,Foreign,1,Foreign Investment Company (PMA),15,Gadai,3,Gallery,299,Good Story,28,Hipotek,3,Hukum,4,Hukum Waris,6,Ikatan Notaris Indonesia,2,Ilmu Pengetahuan,1,Informasi,2,Intro,3,Jaminan,4,Jaminan dan Ganti Rugi,4,karier,16,Kecantikan,1,Kepailitan,2,Keterangan Waris,1,Koperasi,2,Koperasi Adiabel,2,Kuasa,1,Lifestyle,18,Majelis Kehormatan Notaris,1,Me,63,Me and Friends,41,Misteri,6,Motivation,2,My Activity,19,My Sweetie,9,Notaris,118,Office,45,OJK,1,Pajak,5,Parenting,10,Paripasu,1,Perizinan,10,Perjanjian Perkawinan,1,Perkumpulan,1,Perseroan Terbatas,11,Perusahaan Dagang,1,Picture,10,PIDANA,2,Politik,5,POSKO JABAR,3,PPAT,39,Psikologi,5,Relationship,42,Relationship Motivation,1,Religius,30,Sejarah,2,Sewa Menyewa,1,Sosok,6,Syariah,1,taris,1,textslide,4,The Others,2,Umum,3,Us,25,Video,16,Wisata,13,Yayasan,4,
ltr
item
REINA NATAMIHARDJA: 7 Manfaat Sholat Tahajud
7 Manfaat Sholat Tahajud
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXYJp-jpfkhm59aTaX9OghUzWvE2G5qFd3SMnGxafH2ZgGPd-EObZCGvWzQiGaaKrnhUi80cIH39mVEgyV9UlhPm4-pHvHAEnooI1HD4hRMmKq1_r5b27r03aIIE1-nQ1TmGjeE4btxt2n/s320/7-manfaat-shalat-tahajud-bisa-menentramkan-hati-hingga-meningkatkan-kekebalan-tubuh.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXYJp-jpfkhm59aTaX9OghUzWvE2G5qFd3SMnGxafH2ZgGPd-EObZCGvWzQiGaaKrnhUi80cIH39mVEgyV9UlhPm4-pHvHAEnooI1HD4hRMmKq1_r5b27r03aIIE1-nQ1TmGjeE4btxt2n/s72-c/7-manfaat-shalat-tahajud-bisa-menentramkan-hati-hingga-meningkatkan-kekebalan-tubuh.jpg
REINA NATAMIHARDJA
https://www.natamihardja.com/2020/04/7-manfaat-sholat-tahajud.html
https://www.natamihardja.com/
https://www.natamihardja.com/
https://www.natamihardja.com/2020/04/7-manfaat-sholat-tahajud.html
true
6588466907048385368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content